Atasi Komentar Spam Pada Blog dan Website


Hai sahabat howKomputer.blogspot.com. Pada Kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara Mengatasi Komentar Spam Pada Blog. Baiklah langsung saja kita mulai.

Ada banyak aspek-aspek yang perlu diperhatikan dalam manajemen blog maupun website. Bukan hanya tentang posting dan monitoring traffic saja, visual atau desain hingga SEO dan komentar serta aspek-aspek lain juga tidak kalah penting dalam membangun sebuah blog atau website. Fungsi pengelolaan blog yang baik tentunya agar blog dan website selalu dalam kondisi optimal serta jauh dari hal-hal yang dapat mengancam kondisi blog
seperti hacking dan terutama dalam bahasan kali ini Komentar Spam.


Komentar pada web atau blog juga perlu diperhatikan. Kolom komentar pada website & blog pun menjadi salah satu target utama untuk aktifitas spam yang menyerang blog / website. Kebanyakan Komentar Spam dilakukan untuk menanam backlink yang sangat berguna dalam SEO.


Bot-spam juga banyak digunakan untuk mengirimkan komentar pada web / blog dengan sistem pencegahan yang lemah. Sebagai webmaster atau blogger yang peduli pada website & blog maka wajib memiliki strategi dalam pengelolaan komentar agar Komentar Spam tidak sembarangan muncul.
 

Berikut beberapa contoh cara yang dapat dilakukan untuk mencegah & mengatasi Komentar Spam :

Menghapus Secara Manual

Komentar spam yang muncul sebaiknya segera dihapus. Jika tidak dihapus maka akan mengurangi sisi keindahan pada desain blog atau web. Menghapus dapat dilakukan secara manual satu per satu Komentar Spam yang muncul. Platform blog biasanya juga menyediakan fitur bulk action yang mana beberapa komentar dapat dihapus sekaligus dengan memilih / memberikan tanda centang pada komentar yang ingin dihapus.
Meskipun cara ini tidak terlalu efektif & tidak efisien, namun cukup membantu dalam mengurangi Komentar Spam yang ada.

Moderasi Komentar

Maksud dari Moderasi komentar disini adalah menahan komentar agar disetujui oleh webmaster / pemilik blog sebelum komentar tersebut dimunculkan. Webmaster atau blogger harus memilih dan menyetujui mana komentar yang layak untuk ditampilkan. Dengan fitur ini, maka komentar tentunya tidak akan sembarangan tampil. Webmaster atau blogger dapat menyisihkan Komentar Spam yang sangat mengganggu sehingga tidak muncul di web / blog kita. Namun cara ini juga kurang efektif karena pemilik website / blog diharuskan untuk memoderasi komentar satu per satu.Apabila blog sudah terkenal maka akan cukup kerepotan dalam moderasi Komentar Spam karena komentar yang muncul akan sangat banyak.

Mengaktifkan Plugin Pencegah Spam

Fitur plugin ini berfungsi untuk mengenali Komentar Spam & memisahkan komentar tersebut ke tempat tersendiri & tidak menayangkan komentar tersebut. Pastinya fitur ini sudah otomatis berjalan sehingga pengguna cukup melakukan pengawasan saja. Bukan tanpa celah, terkadang beberapa Komentar Spam masih dapat lolos sehingga masih perlu untuk dimoderasi atau melakukan penghapusan manual.

Menggunakan fitur CAPTCHA

Ada banyak sekali penerapan CAPTCHA dalam mencegah berbagai serangan spam. CAPTCHA diibaratkan sebuah test yang harus dilewati dimana tes ini didesain hanya manusia yang hanya bisa menjawab. Dengan menerapkan sistem CAPTCHA ini, dipastikan ke-efektifan untuk mencegah bot-spam bisa diandalkan. Penggunaan CAPTCHA juga akan membuat pengguna berpikir dua kali untuk melakukan komentar yang hanya berisi
basa-basi saja.

Penggunaan Akun Social Media untuk Berkomentar


Penerapan Akun Social Media untuk kolom komentar hampir sama halnya dengan diperlukannya registrasi untuk berkomentar. Pengguna diharuskan login terlebih dahulu menggunakan akun social media mereka untuk dapat berkomentar. Dengan penerapan hal ini, maka sistem menanam backlink pada komentar akan hampir susah dilakukan karena yang tertampil adalah link menuju profilSocial Media komentator.

Block IP Address

Komentar Spam bisa saja banyak berasal dari beberapa IP tertentu saja. Kebanyakan karena penggunaan bot-spam yang terus menerus menyerang. Dengan mem-block IP maka akses bot untuk menuju website / blog akan terhalang dan tidak bisa melakukan serangan spam. Fitur ini banyak tersedia pada platform web atau blog yang berbayar ataupun yang menggunakan hosting.

Nah, itulah sedikit informasi yang dapat kami bagikan lewat artikel hari ini. Pastinya kami akan terus memberikan informasi yang hangat dan update. Semoga dengan artikel ini Anda memperoleh informasi dan pengetahuan yang berguna bagi wawasan tentang Teknologi Komputer Anda.


Jangan lupa tinggalkan Komentar, Like, jika perlu Subscribe dan terus kunjungi howKomputer agar pengetahuan anda makin bertambah.

Terima Kasih dan Sampai Bertemu di Artikel Selanjutnya !

Related Posts:

0 Response to "Atasi Komentar Spam Pada Blog dan Website"

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung. Budayakan komentar yang bermanfaat.

Embed