Teknik Membuat Foto Fish Eyes Tanpa Kamera SLR

Hai readers howKomputer.blogspot.com. Untuk kali ini saya akan berbagi ilmu sedikit tentang skill atau teknik untuk membuat foto anda terlihat lebih elegant dengan efek Fish Eye menggunakan Adobe Photoshop. Dalam ilmu fotografi terdapat banyak cara dalam pengambilan foto, antara lain Bird Eyes, Frog Eyes, Normal Eyes dan lain-lain. Beberapa cara tersebut dimaksudkan untuk mendapatkan kualitas gambar yang maksimal disetiap moment yang tercipta. Sesuai dengan namanya Bird Eyes, merupakan foto yang diambil dalam posisi ketinggian. Sebaliknya Frog Eyes, diambil dalam keadaan posisi yang terendah. Selain itu kita juga bisa membuat efek tersendiri yaitu Fish eyes. Yaitu efek melingkar pada sebuah foto. Karya yang unik ini dapat kita buat dengan bantuan software Adobe Photoshop selain lewat cara aslinya yaitu dengan memotret menggunakan kamera SLR dan menggunakan lensa khusus untuk Fish Eye.

Adobe Photoshop CC (Sumber:howKomputer)
Berikut langkah – langkah membuat efek Fish Eye dengan Photoshop dibawah ini :

1. Hal pertama yang anda butuhkan adalah aplikasi grafis Photoshop. Buka aplikasi Adobe Photoshop yang ada di Komputer Anda dan pilih foto yang ingin anda berikan efek Fish Eyes. Kemudian gunakan Elliptical Marquee Tool dan seleksi bagian foto yang hendak berikan sentuhan Fish Eyes. Usahakan seleksi bagian foto terbaik dalam foto tersebut.


 

2. Setelah itu pilih Select > Inverse atau menekan Ctrl + Shift + i  secara bersamaan. Penggunaan Inverse bertujuan untuk melakukan seleksi gambar yang ada dalam lingkaran yang sebelumnya dibuat oleh Elliptical Marquee Tool. Anda bisa saja untuk menghapus layer yang tidak terseleksi dengan menekan tombol Delete pada keyboard.

 

3. Jika masih Ada bagian putih di foto tersebut kita bisa memilih Eraser tool yang ada di toolbox disebelah kiri lalu pilih Magic Eraser tool, untuk menghapus bagian tersebut dengan cara klik di bagian putih yang ada di foto. Setelah itu hilangkan seleksi pada foto dengan menekan  shortcut Ctrl + D pada keyboard anda secara bersama - sama.

 

4. Setelah langkah sebelumnya sudah beres, hal yang harus anda lakukan adalah pilih Filter > Distort > Spherize sehingga akan muncul dialog box, ubah amount-nya menjadi 100%, dan langkah inilah yang memberikan sentuhan Fish Eyes pada foto yang Anda edit.

 

5. Untuk sentuhan akhir, Simpan foto Anda dalam format .PNG, bila disimpan dalam format JPG ataupun JPEG akan nampak bagian putih di sekeliling foto Anda, sehingga foto anda tidak transparan backgroundnya. Dan seperti inilah hasil karya Fish Eyes yang dapat anda buat tanpa menggunakan lensa kamera SLR Fish Eyes. Cukup keren bukan?
 
Cukup sampai disini dulu ya untuk tutorial kali ini. Semoga tutorial ini dapat membuat anda mau dan bisa untuk lebih mengenal teknologi computer, sehingga generasi penerus bangsa pun akan makin maju. Terima kasih sudah menyempatkan waktu anda untuk berkunjung ke howKomputer.blogspot.com. Jangan lupa tinggalkan komentar, like, dan terus kunjungi blog ini lagi. Bye!

Related Posts:

0 Response to "Teknik Membuat Foto Fish Eyes Tanpa Kamera SLR"

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung. Budayakan komentar yang bermanfaat.

Embed