Komputer / Laptop Anda Lemot? Ikuti Tips Ini

     Hai para readers howKomputer.blogspot.com.
Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips tentang cara yang mudah untuk mengatasi komputer / laptop yang lemot. Sebenarnya ada banyak cara yang dapat dilakukan agar komputer atau laptop menjadi tidak lambat. Dari cara yang rumit hingga cara yang termudah semuanya ada. Dan pada postingan artikel ini akan saya sampaikan cara yang menurut saya paling mudah dilakukan untuk mengatasi komputer / laptop anda agar tidak lemot lagi. Cara untuk mengatasi kommputer lemot pada windows xp atau windows 7 dan diatasnya hampir sama namun ada sedkit perbedaan. Tetapi jika anda sudah terbiasa dengan windows maka akan mudah mengenali perbedaanya.

Laptop yang lemot membuat user mudah emosi (Sumber:Picasa)
Berikut ini adalah cara-cara untuk mengatasi komputer / laptop yang lemot :

1. Periksa program/ aplikasi yang memakan cukup banyak memori pc kita. Untuk mengeceknya bisa melalui ‘Task Manager’.
(Ctrl + Alt + Del - Task Manager - Tab “Process”)
Melalui task manager maka akan terlihat aplikasi yang menggunakan banyak memori. Silahkan anda "End Process" atau tutup program yang tidak dibutuhkan.

2. Terlalu banyaknya module (program) yang terinstall akan membuat komputer menjadi lambat. Kadangkala kita  sering menginstall banyak modul untuk melakukan tugas terutama seorang mahasiswa atau siapapun yang ingin trial and error. Itu membuat aplikasi tersebut jadi menumpuk meskipun aplikasi tersebut tidak sering digunakan. Anda dapat memeriksa module apa saja yang sudah terinstal di komputer anda melalui cara klik add/remove module di carry out row serta un-install program/ aplikasi yang hanya menjadi accesories tersebut.

3. Untuk Windows 7, apabila masih lambat anda bisa melakukan cara berikut ini :
Control Panel - Performance Information & Tools (manfaatkan fitur search) - Adjust Visual Effects.
Pada tab “Visual Effects”, pilih “Adjust for best performance”. Atau dapat juga uncheck pada list yang terletak dibagian bawah. Itu untuk menghilangkan tampilan visual yang tidak dibutuhkan agar konsumsi memori lebih berkurang dan komputer akan menjadi lebih cepat.

4. Manfaatkan fitur defragment.
Kali ini coba lakukan “Disk Defragment”.  Pada kotak search di start ketikkan  “Defragment”  kemudian tekan Enter. Setelah itu anda defragment harddisknya.

5. Hapus file-file yang tidak diperlukan yang terletak di folder prefetch.
Caranya: Buka explorer - C://windows/prefetch - hapus seluruh file yang ada di dalam folder prefetch tersebut.

6. Gunakan ccleaner. Silahkan download ccleaner di websitenya (Cari saja di google dengan kata kunci ccleaner).

Dan itulah berbagai macam cara berguna yang mudah untuk membuat komputer / laptop anda menjadi lebih cepat dan tidak lemot. Semoga dengan postingan ini anda bisa mengatasi problem masalah komputer anda dengan mudah dan cepat. Sekian dulu informasi dari howKomputer.blogspot.com. Jangan lupa tinggalkan komentar, like, dan terus kunjungi blog ini agar pengetahuan anda tentang computer juga bertambah. Terima kasih dan Bye!

Related Posts:

0 Response to "Komputer / Laptop Anda Lemot? Ikuti Tips Ini"

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung. Budayakan komentar yang bermanfaat.

Embed